Skip to main content

10 Cara Menurunkan Bounce Rate Pada Blog

10 Cara Menurunkan Bounce Rate Pada Blog - Pada kali ini kita akan membahas cara menurunkan bounce rate atau cara atasi bounce rate pada blog. Bounce rate adalah suatu nilai yang diperoleh dari kunjungan setiap pengguna atau pengunjung blog. Menurunkan bounce rate sama pentingnya dengan kualitas konten. Artinya semakin baik kualitas konten, pengunjung pasti akan lebih banyak lagi membuka halaman baru yang ada di blog Anda dan tentu semakin banyak halaman baru yang dibuka, nilai bounce rate blog akan semakin rendah. Bagi yang ingin menurunkan bounce rate pada blog, simak ulasan berikut.

Cara Menurunkan Bounce Rate

Cara Menurunkan Bounce Rate Pada Blog
Tidak mudah memang untuk menurunkan bounce rate pada blog karena kita tidak memiliki kendali atas nilai ini dan semuanya bergantung pada penggunjung blog. Namun kita masih bisa mengatasi bounce rate dengan memperbaiki kualitas konten dan menambah elemen-elemen yang diperlukan.

1. Hindari Iklan Popup

Iklan popup memang lebih menguntungkan ketimbang iklan lainnya. Hal ini yang membuat kita terkadan tergiur untuk memasang iklan tersebut di blog kita. Tapi iklan popup sangat mengganggu pengguna dan tidak memunculkan iklan yang relevan. Hal yang seperti inilah yang membuat pengunjung langsung pergi sebelum membaca blog anda. Intinya untuk menurunkan bounce rate pada blog, hapus kode iklan popup dari blog Anda mulai dari sekarang.

2. Navigasi Harus Jelas

Navigasi tidak selalu harus berbentuk menu. Widget popular post atau recent post saya rasa masuk juga kedalam kategori navigasi karena dapat berperan penting dalam menurunkan bounce rate. Selain itu jangan membuat pengunjung frustasi hanya karena mereka tidak tahu atau bingung untuk mengakses konten yang mereka inginkan. Buatlah menu navigasi terlihat dan mudah untuk di akses. Baca cara membuat recent post di blog.

3. Template Rapi dan Simple

Membuat blog yang simpel dan lebih rapi atau teratur membuat pengguna merasa nyaman dalam mengakses blog Anda. Bayangkan bila blog Anda berantakan atau memiliki warna yang sangat tajam dan menggangu mata. Dengan sekejap penggunjung langsung pergi dari blog Anda. Desainlah template yang memiliki dasar warna putih atau warna yang tidak mengganggu penglihatan. Baca Palleton Template: Fast SEO Responsive Blogger Tempate.

4. Kecepatan Loading

Kecepatan loading adalah aspek yang paling penting baik itu untuk seo blog maupun untuk menurunkan bounce rate. Mengapa? Karena pengunjung suka blog yang cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama hanya untuk membuka satu halaman saja. Pengunjung ingin memperoleh informasi secepat mungkin. Hal ini bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari kita. Misal, Anda pasti menggunakan provider dengan sinyal yang kuat agar koneksi internet Anda cepat atau Anda akan ngomel-ngomel sendiri saat layanan sebuah restoran sangat lamban. Intinya yang tercepat adalah yang menang walaupun tidak selalu seperti itu. Baca cara mempercepat loading blog.

5. Tampilan Responsive

Sudahkan Anda membuat blog Anda menjadi mobile friendly atau responsive. Peningkatan jumlah kunjungan melalui smartphone mengalami kenaikan yang cukup drastis di tahun 2016. Bila blog Anda belum responsive, tentu pengunjung akan lari dan bounce rate Anda akan meningkat.

6. Tambahkan Wigdet Related Post

Widget related post merupakan salah satu navigasi yang paling membantu menurunkan bounce rate pada blog karena menampilkan konten yang sesuai. Jangan lupa untuk lebih teliti dalam penggunaan label atau tag pada setiap konten. Ini berguna untuk membantu related post memunculkan konten yang sesuai dengan apa yang tengah mereka baca. Baca cara membuat related post di blog.

7. Internal Link

Selalu gunakan link yang mengarah ke konten lain tapi harus sesuai dengan pembahasan agar pengunjung lebih memahami informasi yang Anda berikan. Jangan lupa untuk menambahkan tag "target="_blank" pada setiap internal maupu eksternal link yang Anda buat supaya link tersebut terbuka pada tab baru.

8. Buat Halaman 404

Buatlah halaman 404 atau halaman error yang memiliki manfaat seperti menambahkan kotak pencarian. Tapi sebelum Anda membuat halaman 404, atasi dulu setiap link yang bermasalah pada blog. Anda bisa menggunakan Google Search Console untuk melihat link yang bermasalah. Link yang bermasalah tidak bagus untuk SEO dan dapat meningkatkan bounce rate.

9. Hindari Terlalu Banyak Iklan

Terlalu banyak iklan sama halnya seperti memasang iklan popup. Semua orang di dunia ini pasti membeci iklan yang tidak relevan maupun relevan. Sebaiknya jangan terlalu memasang banyak iklan di area konten atau iklan melayang. Anda bisa memasang iklan di sidebar, header atau footer asal tidak mengganggu dan overload. Iklan yang overload akan membuat blog semakin lambat.

10. Perbaiki kualitas Konten

Konten adalah yang terpenting dari semua cara diatas. Jika kualitas konten Anda rendah, sebaik apapun cara yang Anda lakukan hasilnya akan sama saja. Untuk menurunkan bounce rate blog, perbaikilah kualitas konten atau bila mungkin, hapus konten yang menurut Anda tidak berkualitas dan tidak memiliki informasi kepada pengguna. Baca 10 tips menulis artikel SEO friendly.

Tidak seperti SEO, kita tidak memiliki kendali penuh untuk menurunkan bounce rate. Sampai artikel ini di terbitkan, tapike saja memiliki nilai bounce rate yang cukup tinggi. Demikianlah postingan saya mengenai cara menurunkan bounce rate atau cara mengatasi bounce rate pada blog. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share dan like.

Comments

Popular posts from this blog

10 Jembatan Paling Terkenal Di Dunia

10 Jembatan Paling Terkenal Di Dunia - Jembatan merupakan sebuah sarana untuk menyeberangi sungai ataupun lautan. Jembatan paling terkenal di dunia berikut mungkin adalah jembatan terpanjang, jembatan tertinggi di dunia. Banyak wisatawan dari penjuru dunia datang hanya untuk melihat maupun berfoto diatas jembatan ini. Berikut adalah 10 jembatan paling terkenal di dunia . 1. Jembatan Golden Gate, Amerika Serikat Jembatan paling terkenal pertama adalah jembatan Golden Gate. Jembatan Golden Gate (Golden Gate Bridge) menghubungkan antara San Fransisco dengan California. Jembatan ini memiliki panjang keseluruhan sekitar 2.727 meter dan tinggi 230 meter diatas permukaan laut. Jembatan Golden Gate dibuka pertama kali pada tahun 1937 dan merupakan jembatan paling terkenal serta menjadi daya tarik wisata paling populer di San Francisco. 2. Jembatan Menara, Inggris Jembatan paling terkenal kedua adalah jembatan Menara. Jembatan Menara (Tower Bridge) dibangun pada tahun 1886 dan

10 Daftar Film Terbaru Mei 2017

10 Daftar Film Terbaru Mei 2017 - Pada era globalisasi ini film sudah menjadi teman nonton yang paling digemari. Terlebih lagi animasi-animasi film sekarang sudah mumpuni dan seperti aslinya. Pasti kita merasa tak sabar ingin menonton film terbaru di bioskop-bioskop kesayangan. Bagi yang lagi menunggu film terbaru 2017 , berikut daftar film box office terbaru terbit pada bulan Mei 2017 beserta jadwal film bioskop terbit Mei 2017 . Yang pasti film di bawah ini bergenre film Action, film Animation, film Crime, film Sci-Fi, film Superhero, Wars, Thriller, Horror, Comedy, Drama, Romance, Musical, Adventure, Adaptation, True Story dan lainnya. Berikut 10 Daftar Film Terbaru Mei 2017 . Baca juga 10 Film April 2017 . 1# Guardians Of The Galaxy 2 (2017) # Poster Terbit : 5 May 2017 Tapike Director: James Gunn Cast: Chris Pratt Zoe Saldana Dave Bautista Vin Diesel Bradley Cooper Companies: Walt Disney Pictures Genre : Drama IMDb Guardians Of The Galaxy 2 Official Trailer

10 Artis Korea Paling Cantik

10 Artis Korea Paling Cantik - Pada postingan sebelumya, Tapike telah membahas siapa saja artis korea yang termasuk dalam daftar 10 artis korea paling ganteng . Jadi tidak lengkap rasanya kalo Tapike tidak membahas siapa saja artis korea paling cantik. Oke, kita langsung saja ya, Berikut 10 artis Korea paling cantik . 1. Song Hye Kyo Artis korea paling cantik pertama adalah Song Hye Kyo. Artis cantik yang lahir di Daegu, Korea selatan pada tanggal 26 Februari 1982 ini awalnya mengikuti ajang kompetisi pencarian model di serial Minggu pagi. Song Hye Kyo mulai populer ketika dia sukses dengan perannya di Autumn in My Heart dengan lawan mainnya Song Seung dan Won Bin. Tak hanya di korea selatan, tokoh Choi Eun-Seo yang diperankan olehnya  juga sukses sampai ke Asia. Lewat drama tersebut Hye Kyo berhasil membawa pulang beberapa penghargaan di ajang KBS Drama Award 2000. 2. Park Min Young Artis korea paling cantik selanjutnya adalah Park Min Young. Artis cantik kelahiran Seou